Connect with us

Hindari Menggunakan Bahan Kimia Untuk Mengusir Nyamuk

Health

Hindari Menggunakan Bahan Kimia Untuk Mengusir Nyamuk

Cuaca yang tidak menentu dan cenderung lebih banyak musin penghujan akan membuat nyamuk cepat berkembangbiak serta membuat sarang. Berbabagi macam jenis obat untuk mencegah agar tidak digigit nyamuk bermacam macam bentuknya dari semprot,obat nyamuk bakar serta losion untuk mengusir gigitan nyamuk. Dari berbagai macam prosuk tersebut sudah terkontaminasi berbagai macam bahan kimia didalamnya yang sangat tidak bagus untuk kesehatan khususnya pada anak anak.

DEET merupakan produk bahan kimia yang sering digunakan untuk bahan aktif di produk anti nyamuk. Dengan menggunakan zat ini memang akan terhindar dari gigitan nyamuk,tetapi banyak efek samping yang akan timbul. Pertama adalah saat Anda menyemprotkan bahan kimia tersebut dan kemudian tidak sengaja menghirup atau menelan DEET hal yang akan terjadi adalah sesak nafas,perut sakit,batuk,muntah,kejang,gemetaran dan lain lain.

Bahan kimia DEET kalau terkena kulit akan menagkibatkan dan minimbulkan kulit seperti terbakar,melepuh dan akan menimbulkan efek parah jika terjadi pada bagian kulit yang ada luka.

Banyak cara untuk melakukan dan mengusir nyamuk tanpa bahan bahan berbahaya atau kimia. Memasang kasa pada bagian jendela rumah bisa dilakukan untuk nyamuk datang kerumah. Menggunakan kelambu lebih efektik karena nyamuk tidak akan bisa masuk dan menggigit keluarga Anda. Anda juga bisa membersihkan halaman halaman rumah yang menjadi sarang nyamuk seperti menutup bak air,membuat tanaman yang tidak disukai nyamuk.

Nyamuk memiliki sebuah indra penciuman dengan menggunakan sensor khusus untuk dapat mendeteksi keberadaan mangsanya, yaitu sensor visual dan suhu.

Pancing nyamuk dengan menggunakan sinar UV

Nyamuk sangat suka dengan sumber cahaya khususnya sinar UV. Dengan menggunakan sinar ultraviolet sangat efektif untuk mengusir nyamuk di keluarga Anda.

Nyamuk sangat menyukai warna warna gelap

Warna hitam sangat disukai oleh nyamuk siang hari, dan untuk menghindari terjadinya gigitan pada siang hari sangat disarankan untuk tidak menggunakan baju warna hitam karena warna tersebut dapat menyerap berbagai gelombang sinar dan membuatnya menjadi suhu panas.

Maka dengan menggunakan baju warna hitam akan mudah nyamuk mendeteksi suhu panas dibadan kamu dan disini peran sensor pada nyamuk berfungsi.

Sinar UV terbukti sangat ampuh untuk mengundang dan memperangkap nyamuk. Disini Anda bisa memancing nyamuk yang tersembunyi dengan sinar UV yang kemudian Anda bisa membunuh nyamuk secara manual tanpa harus menggunakan bahan kimia berbahaya.

  • Pukul nyamuk dengan kedua tangan
  • Raket listrik untuk membunuh nyamuk
  • Menggunakan perekat atau lem serangga di dekat sinar UV

Nyamuk sangat berbahaya untuk keluarga Anda, karena satu gigitan nyamuk akan sangat berkibat buruk bagi kesehatan apalagi saat ini musim yang tidak menentu. Efek dari gigitan nyamuk sangat beragam diantaranya adalah chikungunya, demam berdarah, malaria,  penyakit kuning, atau virus Zika.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Health

Trending Berita

Berita Terbaru

To Top