Connect with us

Kenali Ciri Ciri Kesemutan dan Penyebabnya

Health

Kenali Ciri Ciri Kesemutan dan Penyebabnya

Kesemutan atau parestesia dalam istilah ilmu medis. Berbagai macam kesemuatan sering terjadi ketika kita sedang melakukan duduk bersila dan merasakan kaki seperti mati rasa.

Beberapa penyebab yang sering terjadi kesemutan ada beberapa faktor, kesemutan sementara dan kesemutan yang berkepanjangan.

Faktor yang menyebabkan kesemutan sementara

Tekanan dalam waktu lama pada bagian anggota tubuh akan mengakibatkan terjadinya kesmutan sementara. Ini disebabkan karena aliran darah ke daerah yang mendapatkan tekanan terhambat. Dan disini Anda akan merasakan jika Anda terlalu lama duduk bersila, memakai sepatu yang ukuranya tidak pas dikaki Anda ataupun jongkok terlalu lama. Pada dasarnya semua bagian organ tubuh akan merasakan kesemutan sementara ketika mendapatkan tekanan yang terlalu lama misalkan tangan, Saat Anda menindih tangan sebagai pangkuan saat tidur dan terlalu lama maka Anda akan merasakan efek kesemutan sementara.

Kesemutan sementara ini sifatnya tidak lama dan akan hilang secara sendirinya saat Anda melakukan gerakan gerakan ringan pada bagian area yang terkena kesemutan sementara.

Faktor lain yang bisa menyebabkan kesemutan sementara adalah penyakit Raynaud. Ini akan terjadi ketika aliran darah ke bagian area tertentu pada tubuh terhambat. Efek dari penyakit ini akan menyerang ketika Anda sedang mengalami stres,gelisah atau dalam kondisi ruangan yang terlalu dingin.

Faktor yang menyebabkan kesemutan berkepanjangan.

Penyakit diabetes, ganguan ginjal,penyakit hati,stroke,tumor,kanker secara ilmu medis akan memiliki penyakit kesemutan berkepanjangan.

Obat obatan bisa menjadi fakktor dan pemicu terjadinya kesemutan contohnya obat kemoterapi dalam mengatasi kanker panyudara,antibiotik serta obat lainya.

Kondisi badan atau tubuh yang kurang fit akan menyebabkan terjadinya kesemutan berkepanjangan. Nutirisi dan supan gizi dalam tubuh harus Anda perhatikan agar terhindar dari penyakit kesemutan berkepanjangan.

Penyebab terjadinya kesemutan?

Kesemutan akan sangat menggangu aktivitas Anda. Disini Anda bisa melakukan konsultasi kepada dokter untuk melakukan beberapa diagnosa terjadinya kesemutan seperti tes darah,tes elektromiogram,tes saraf dan lain lain. Sebelum menjalani beberapa tes diatas dokter akan melakukan beberapa tindakan seperti menayakan beberapa gejala yang Anda alami,riwayat kesehatan,kondisi lingkungan,gaya hidup serta apakah dari pihak keluarga mengalami riwayat penyakit.

Setelah semua diagnosa dilakukan maka dokter baru akan melakukan tindakan tindakan tes seperti diatas.

Secara umum, kesemutan bisa diminimalisasi dengan menerapkan gaya hidup yang lebih sehat, misalnya:

  • Rutin melakukan aktivitas berolahraga.
  • Menghindari terpapar racun.
  • Menghindari atau tidak konsumsi minuman beralkohol.
  • Berhenti merokok.
  • Pola makan yang sehat.
  • Senantiasa menjaga berat badan ideal.
  • Mengobati dan mengontrol penyakit kronis jika ada, seperti diabetes atau gagal ginjal.

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Health

Trending Berita

Berita Terbaru

To Top